Join Alumni and School Friends, Jejaring Pertemanan Baru di Indonesia

19 Jan 2014

Indonesia is the capital of the world of social media. Kedengaran wooow tapi ini menurut saya bukanlah mengada-ada. Nyatanya netter Indonesia memang menjadi pengguna terbanyak sekaligus teraktif berbagai layanan jejaring pertemanan seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram dan Path yang baru-baru ini sedang banyak membawa kabar heboh.

Selain masyarakat Indonesia menjadi pengguna aktif dari banyak produk jejaring pertemanan (social networking), Indonesia juga (pernah) memunculkan produk-produk social media buatan anak negeri. Sebut saja Mindtalk, Kronologger, Koprol dan lain-lain.

Dan baru-baru ini sekumpulan anak-anak Jogja yang menamakan diri JOIN ALUMNI TEAM meluncurkan sebuah jejaring pertemanan baru yang menbidik pengguna asal Indonesia. Jejaring pertemanan ini dinamakan JOIN Alumni and School Friends. Sesuai dengan namanya, ini merupakan jejaring sosial berbasis teman-teman sekolah. Alumni and School Friends bertujuan untuk memudahkan kita mempertemukan diri dengan teman-teman lama kita sewaktu kita sekolah dulu yang barangkali telah lama kehilangan kontak karena satu dan lain hal. Ini yang membedakan jejaring ini dengan katakanlah Foursquare atau Koprol yang memilih untuk mempertemukan seseorang berdasarkan suatu lokasi tertentu (location based).

Kemudahan untuk mempertemukan kembali teman-teman lama dari suatu sekolah ini yang menurut saya saat ini belum bagus dipunyai oleh jejaring pertemanan yang sudah ada. Mengetikkan nama lengkap seseorang di Facebook atau Google+ terkadang bisa membantu mempertemukan kita dengan teman lama di sekolah dulu. Permasalahannya, banyak orang Indonesia yang memilih tidak menggunakan nama asli di jejaring sosial, banyak yang menggunakan nama anaknya, gabungan nama suami istri, bahkan yang memusingkan adalah pengejaan nama secara alay. Belum lagi kenyataan bahwa pengguna jejaring pertemanan asal Indonesia yang enggan mengisi alamat tinggal, asal sekolah, pekerjaan dan biodata lainnya dengan lengkap dan benar. Alumni and School Friends menawarkan solusi ala Indonesia yang mempunyai kekhasan sosial menyukai reunian sebagai salah satu cara berjejaring dan bernostalgia.

Tiap kali ada ada layanan jejaring pertemanan baru, sebagai seorang social media junker, saya selalu ingin segera mendaftar dan mencoba menggunakannya. Begitu mengetahui Alumni and School Friends, saya pun bergegas mencari tahu dan meng-install-nya di ponsel Android Samsung Galaxy Core.

JOIN Alumni and School Friends

JOIN Alumni and School Friends

Aplikasi Alumni and School Friends Beta sudah bisa di-install langsung dari Play Store. Ukuran file instalasi yang kecil, hanya berukuran sekitar 6 Mb memudahkan untuk di-download dengan cepat dan tidak akan memenuhi memori aplikasi ponsel. Instalasi Alumni and School Friends di ponsel saya berjalan lancar tanpa notifikasi error.

JOIN Alumni and School Friends Installation

JOIN Alumni and School Friends Verification

Selesai meng-instalasi aplikasi Alumni and School Friends kita bisa langsung menjalankannya. Kesan pertama saya, aplikasi ini cukup ringan dijalankan sampai kita dihadapkan form untuk mengisikan data Sekolah Dasar. Kita tidak perlu memasukan data Sekolah Dasar secara manual. Mengisikan data secara manual sangat berpotensi terjadi kesalahan. Kita cukup mencari sekolah SD dengan memilihnya dari drop down menu. SD N Karangmojo 2, SD dimana saya dulu menempuh pendidikan pun terdaftar di aplikasi ini.

Langkah berikutnya adalah menverifikasi identitas. Ada dua cara yang bisa digunakan. Bisa menggunakan akun jejaring Facebook dan menggunakan verifikasi SMS. Saya memilih verifikasi SMS.

JOIN Alumni and School Friends: Completing Profile

JOIN Alumni and School Friends: Completing Profile

Sukses terverifikasi sebagai member Alumni and School Friends, apa yang perlu dilakukan adalah melengkapi profile yang berisi isian nama lengkap, jenis kelamin dan tanggal lahir. Mengunggah foto profil adalah hal wajib berikutnya. Setelah profil kita lengkap, aplikasi Alumni and School Friends akan menawarkan kita untuk mencari teman satu SD kita dalam daftar kontak ponsel. Bila ada, aplikasi ini bisa membantu mengirim SMS kepada teman SD kita dalam daftar kontak kita untuk bergabung dengan jejaring Alumni and School Friends. Biaya SMS ini ditanggung oleh Alumni and School Friend. Jadi jangan khawatir akan menghabiskan pulsa SMS.

JOIN Alumni and Friends: Completing High School and University

JOIN Alumni and Friends: Completing High School and University

Langkah berikutnya adalah mengisikan data SMP dan SMA dengan cara persis seperti ketika kita mengisikan data Sekolah Dasar. Tidak perlu mengisi manual, cukup memilih dari drop down menu.

Ada masalah ketika saya memasukan SMAN 1 Yogyakarta. SMAN 1 Yogyakarta tidak tertemukan ketika saya mencarinya di drop down menu. Ini aneh mengingat SMAN 1 Yogyakarta adalah maskotnya kota Yogya. Untuk sekolah yang tidak terdaftar, Alumni and School Friends mempersilakan pengguna untuk mengirimkan nama sekolah yang dimaksud kepada pihak School Friends. Namun saya tidak menggunakan cara ini karena belakangan saya menemukan ada SMAN 1, yang dimaksudkan oleh School Friends sebagai SMAN 1 Yogyakarta.

Untuk universitas saya dengan mudah menemukan Universitas Gajah Mada. Langkah terakhir yang ditawarkan oleh School Friends adalah memilih jurusan ketika kuliah dan melengkapi biodata saya. Electrical Engineering saya isikan secara manual di sini karena untuk jurusan universitas tidak menyediakan pilihan dalam bentuk drop down menu.

JOIN Alumni and School Friends: Networking

JOIN Alumni and School Friends: Networking

Sekarang Alumni and School Friends telah siap digunakan untuk berjejaring. Perhatikan pada tab-tab di tangkapan layar paling kiri. Ada 4 tab yang masing-masing adalah University, High, Middle, Elementary. Di tab University akan terdapat daftar teman-teman satu universitas yang telah tergabung dalam jejaring School Friends. Di tab High, tab Middle, tab Elemtary pun begitu. Teman-teman kita yang telah terdaftar akan muncul, namun bila sama sekali belum ada maka sekolah kita masih dalam posisi terkunci/locked. Utuk unlocking suatu sekolah diperlukan setidaknya 5 orang terdaftar dari sekolah yang bersangkutan.

Pada tangkapan layar no 2 dari kiri adalah menu event. Di sini akan menampilkan event apa saja yang akan dilangsungkan di masing-masing kategori sekolah. Misalnya akan ada event reuni, makrab dan lain-lain. Yang menurut saya mengganggu adalah munculnya hari ulang tahun di menu event. Ini adalah masalah privacy ketika saya tidak menemukan cara mengatur agar ulang tahun saya bisa ditampilkan atau tidak. Di sini sepertinya tanggal ulang tahun ditampilkan secara default.

Pada tangkapan layar no 3 dari kiri merupakan menu Post Update. Menurut saya ini mirip dengan semacam Timeline yang ada di Facebook, Twitter, WeChat, Line dan lain-lain. Mungkin bedanya update ini hanya bisa dilihat oleh kelompok teman dalam kategori sekolah tertentu.

Pada tangkapan layar no 4 adalah pesan dari Satpam. Pada aplikasi Alumni and School Friends ada sebuah akun yang secara default menjadi teman atau semacam costumer service yang akan selalu membantu pengguna School Friends. Satpam menurut saya mirip dengan Angel pada WeChat. Saya mencoba bertanya kepada Satpam, namun sampai sekarang belum direspon melainkan mendapat pesan auto responder yang tidak nyambung dengan pertanyaan saya. Seperti pada tangkapan layar, pesan dari Satpam ini disebut SATPOL (Satpam Polling). Isi pesan SATPOL ini unik, yaitu berusaha mengingatkan kita akan momen-momen kenangan pada jaman kita masih sekolah dulu.

JOIN Alumni and School Friends: System and Apps Performance

JOIN Alumni and School Friends: System and Apps Performance

Apps and System Performance

Beberapa waktu setelah menginstall dan mencoba-coba menu, fitur dan service dari aplikasi Alumni and School Friends di Samsung Galaxy Core ada beberapa hal yang saya temukan. Alumni and School Friends bisa dengan mudah diunduh dari Play Store. bahkan dengan koneksi EDGE. Instalasi berjalan lancar. Menjalankan aplikasi sampai menavigasi tiap menu di dalam aplikasi School Friends cukup instuitif dan lancar. Namun bukan berarti tanpa crash. Saya menemukan kejadian aplikasi mengalami crash beberapa kali. Setelah saya amati secara seksama, aplikasi School Friends mengalami crash ketika mencoba mengakses database sekolah dan universitas.

Mencoba memasukan sekolah-sekolah dimana saya pernah belajar membuat saya tahu bahwa tidak semua sekolah terisikan dengan benar. Misalnya SMA N 1 Yogyakarta di dalam sistem School Friends ternyata adalah SMAN 1 saja. Sementara sekolah SD dan SMP saya temukan masih terkunci, alias saya lah di antara teman-teman sekolah itu yang pertama kali mendaftar jejaring pertemanan Alumni and School Friends.

Khawatir informasi tanggal lahir saya disalah gunakan karena di-publish oleh aplikasi School Friends, saya mengganti data kelahiran dengan sembarang data. Saya memasukkan tanggal 31 Desember 1960. Data kelahiran yang saya masukan secara asal ini masih diterima oleh sistem. Artinya sistem Alumni and School Friends sebaiknya mempunyai sistem validasi yang lebih baik lagi yang bisa menghitung usia berdasarkan tanggal lahir yang dimasukan kemudian membandingkan relevansinya dengan tahun masuk sekolah yang diisikan.

Kesimpulan

Alumni and School Friends menawarkan solusi untuk mempertemukan kembali teman-teman alumni suatu sekolah yang barangkali telah saling kehilangan kontak karena satu dan lain hal. Ini solusi bagi permasalahan khas kultur sosial di Indonesia, di negara dimana bertemu kembali dengan teman-teman sekolah atau reunian telah lama menjadi tradisi. Solusi yang sampai saat ini belum bisa diberikan oleh social networking existing. Melihat tingginya angka unduhan aplikasi School Friends di Play Store yang telah mencapai puluhan ribu, kiranya apa yang ditawarkan Alumni and School Friends merupakan solusi yang ditunggu oleh masyarakat Indonesia.

Permasalahanya mungkin adalah ketika semua orang sudah menggunakan Alumni and School Friends, sudah berhasil menemukan kembali teman-teman lamanya, apa yang kemudian bisa dilakukan pengguna di dalam layanan jejaring sosial ini. Saya belum mendapatkan ada “sesuatu”, belum ada interaksi yang unik dan khas di dalam mekanisme School Friends yang berbeda dengan layanan jejaring pertemanan yang sudah ada. Saya khawatir bila School Friends tidak membawa “sesuatu” maka orang-orang yang telah berhasil menemukan teman-teman ‘baru’ ini kemudian membawa teman-teman ‘baru’ tersebut ke jajaring yang menawarkan fitur interaksi yang lebih kaya seperti Facebook, Google+ dan lain-lain.

Saran-Saran

  1. Kembangkan model interaksi di dalam Alumni and School Friends. Update Post yang ada sekarang tidak cukup mempunyai diferensiasi dibandingkan yang ada pada Facebook, WeChat, Line dan lain-lain.
  2. Data Sekolah sebaiknya diperbaruhi. Agar kasus tidak adanya SMAN 1 Yogyakarta dalam sistem School Friends segera teratasi. Data Sekolah yang terperinci bisa didapatkan dari database Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang bisa didapatkan di bagian pendataan sekolah Kemendiknas.
  3. Untuk investasi jangka panjang, Alumni and School Friends bisa menambahkan database siswa seluruh Indonesia. Data ini bisa didapatkan dari database Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Ini penting untuk membantu menvalidasi seseorang yang ingin bergabung dalam group sekolah tertentu di masa yang akan datang.
  4. Performa aplikasi seyogyanya diperbaiki, terutama pada pembacaan database sekolah yang sering membuat aplikasi ini crash.
  5. Tanggal Lahir member sebaiknya tidak ditampilkan secara default pada menu event. Karena Informasi Tanggal Lahir bisa jadi disalah gunakan oleh siapa saja. Sebaiknya ada setting dimana member bisa memilih untuk menampilkan informasi ulang tahun atau tidak.
  6. Agar ditambahkan menu/tombol log out pada aplikasi Alumni and School Friends.
  7. Agar ditambahkan fasilitas yang memudahkan untuk menghapus keanggotaan kita di aplikasi Alumni and School Friends
  8. Agar segera dibuat aplikasi Alumni and School Friends untuk Blackberry. Orang-orang yang membutuhkan bantuan untuk menemukan teman lama di sekolahnya umumnya berusia lebih senior dari saya. Mereka umumnya lebih suka menggunakan Blackberry daripada perangkat Android.
  9. … saran-saran lain akan saya tambahkan kemudian begitu saya menemukan ide.

Bagi pengguna Android, yuuk install aplikasi Join Alumni and School Friends dari Play Store, atau bisa langsung klik download di sini.


TAGS JOIN Alumni and School Friends jejaring pertemanan social media social network


-

Author

Follow Me