3 Aplikasi Office Terfavorit di Android Optimus L9

4 Feb 2014

Ponsel Android saat ini sudah canggih-canggih. Resolusi layar yang tinggi, RAM yang lega, kapasitas penyimpan yang lapang, processor yang gegas, keyboard yang ergonomis, pokoknya dengan semua performa yang mumpuni.

Bagi saya ini menyenangkan sekaligus menantang. Menyenangkan karena aplikasi berjalan semakin lancar. Menantangnya adalah produktivitas seperti apa yang bisa saya tingkatkan dengan menggunakan ponsel canggih seperti ini. Ingat, jaman saya SMA, saya bisa melakukan banyak pekerjaan produktif dengan komputer AT 386 dengan processor, ram, kapasitas penyimpanan yang kira-kira seperseratus (1/100) dari apa yang dipunyai oleh ponsel saya sekarang. Masa iya dengan gadget yang jauh lebih canggih malah hanya jadi distraksi.

Salah satu cara untuk produktif menggunakan smartphone adalah dengan memasang aplikasi Office di smartphone saya. Memang saya tidak akan muluk-muluk berkeinginan membuat dokumen, presentasi dan spreadsheet sepenuhnya dengan ponsel. Bagi saya setidaknya menyunting, merevisi, membuat dokumen singkat atau membuat presentasi dadakan dengan ponsel rasanya sudah menjadi awal yang baik.

Berikut ini adalah aplikasi Office di Ponsel saya. Ponsel saya adalah LG Optimus L9

3. Quick Office

Quick Office merupakan aplikasi Office dengan interface dan fitur sederhana, mudah dipelajari dalam watu singkat dan cukup ringan dijalankan di ponsel entry level seperti milik saya.

Quick Office on LG Optimus L9

Quick Office on LG Optimus L9

Kelebihan Quick Office yang penting bagi saya adalah integrasinya yang bagus dengan Google Drive. Mengambil dan menyimpan dokumen ke Google Drive menjadi sangat praktis. Integrasi dengan Google Drive mungkin yang pertama kali dilakukan oleh Google setelah mengakuisisi dan menggratiskan Quick Office. Quick Office sebelumnya merupakan aplikasi berbayar.

2. Polaris Office

Sebelumnya, saya tidak tahu menahu tentang Polaris. Perkenalan saya dengan Polaris adalah ketika beberapa minggu yang lalu saya mempunyai Optimus L9. Polaris rupanya sudah pre installed di L9.

Polaris Office on LG Optimus L9

Polaris Office on LG Optimus L9

Beberapa waktu mengeksplorasi, rupanya Polaris 4 yang terpasang di L9 merupakan aplikasi Office yang cukup kaya fitur. Polaris mempunyai banyak fitur yang tidak dipunyai oleh Quick Office. Fitur Polaris seperti beraneka template dokumen sampai text formatting yang bisa dibilang cukup kaya.

Sedikit kekurangan Polaris adalah user interface yang kurang friendly. Formatting tool di Polaris sepintas agak mirip dengan apa yang ada pada produk-produk Adobe terdahulu. Tapi, kalau saya tadi mengatakan kurang user friendly mungkin karena saya belum terbiasa saja ya.

Kekurangan Polaris yang lain dibandingkan Quick Office tentu saja adalah kurangnya integrasi dengan Cloud Drive. Ini sempat menjadi catatan bagi saya mengingat saat ini menyimpan dokumen di Cloud merupakan tuntutan pekerjaan yang semakin terkolaborasi.

1. Kingsoft Office

Setelah saya mendapati Polaris lebih baik dari Quick Office, saya mulai googling mencari aplikasi Office terbaik untuk ponsel Android. Aplikasi Office mobile terbaik, tetapi gratis.. :D

Saya pun mendapatkan Kingsoft Office. Kingsoft Office sebenarnya telah cukup lama saya dengar mempunyai produk Office untuk desktop, namun sekalipun saya belum pernah mencobanya. Saya sudah kadung suka menggunakan Libre Office/Open Office. Kingsoft di Optimus L9 merupakan yang pertama kali saya install dan saya coba gunakan.

Kesan pertama saya menggunakan Kingsoft Office adalah interface/UI yang ramah. Sepintas mirip dengan apa yang ada di Microsoft Office 2010. Jadi berbeda dengan Polaris yang mana saya agak kikuk dengan UI nya, di King Office saya merasa bisa belajar dengan lebih cepat.

Spreadsheet di King Office menurut saya mempunyai UI yang bagus. Kita tidak perlu menge-tab tiap cell untuk memasukkan data. Di King Office saya cukup menekan tab untuk mengisikan data numeric pada cell di sebelah kanan posisi saat ini atau langsung menekan tombol enter bila ingin mengisikan cell di sebelah bawah cell yang saat ini baru saja saya isikan data.

Kingsogt Office on LG Optimus L9

Kingsogt Office on LG Optimus L9

Documet di King Office sebenarnya agak mirip dengan apa yang ada di Polaris. Fitur untuk mengatur spasi, tabulasi, identasi format halaman dan sejenisnya semua tersedia.

Presentation di King Office mempunyai fitur untuk membuat slide-slide presentasi sederhana. Sama seperti Quick Office dan Polaris, King Office Presentation belum membawa fitur animasi, transisi dan formatting background. Namun untuk page lay out dan penyisipan grafik, gambar dan tabel saya rasa mencukupi. Secara keseluruhan saya memang tidak menuntut fitur-fitur animasi dan transisi, namun penambahan fitur insert and play video bila hendak ditambahkan akan menjadi hal yang sangat membantu saya.

Bila tadi saya mengkritisi kurangnya integrasi Polaris dengan layanan cloud drive maka Kingsoft Office menjawabnya dengan lengkap. Kingsoft bisa bekerja dengan Dropbox, Google Drive, SkyDrive, Box bahkan dengan service WEBdav dan FTB. Sayangnya belum dengan Ubuntu One. Atau karena saya belum tahu cara mengkonfigurasinya? :)

Kingsoft Office fully integrated to some Cloud Drive services

Kingsoft Office fully integrated to some Cloud Drive services

Ini contoh Presentasi sederhana yang saya buat dengan Kingsoft Office for Android:

Ketiga aplikasi Office Editor Mobile tadi adalah yang sampai saat ini terpasang di ponsel saya. DoctoGo, Office 360, iWork dan lain-lain bukannya buruk, hanya karena tidak gratis maka saya belum bisa memasang di ponsel dan belum bisa memberikan review.

Apa aplikasi Office Editor untuk ponsel yang menjadi favorit Anda?


TAGS office editor for android quick office polaris 4 kingsoft office lg optimus l9


-

Author

Follow Me