PasangMata untuk Android, Mudahkan Kita Menjadi Pewarta Warga

7 Feb 2014

778e53ac2c376e485dc415d8237ba354_pasangmataresized

Baru-baru ini media online terterbesar sekaligus terkemuka di Indonesia, Detik.com, meluncurkan situs web PasangMata.com. Situs web user generated content yang diperuntukan bagi pewarta warga (citizen journalism). Dalam mengembangkan situs bagi pewarta warga ini Detik mengusung konsep yang menurut saya bagus dan mempunyai deferensiasi dengan situs pewarta warga yang sudah ada sebelumnya.

Menurut saya, PasangMata.com menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam memproduksi dan mengkonsumsi informasi.

Untuk memproduksi informasi, seorang pewarta warga tidak harus dibebani dengan keharusan ketrampilan menulis seperti umumnya melaporkan berita kejadian di situs pewarta warga lainnya. Cukup berbekal kepekaan akan sebuah informasi layak dan penting diketahui publik ditambah sedikit kemauan dan usaha saja seseorang sudah bisa menjadi pewarta warga. Seseorang untuk menjadi pewarta warga cukup memotret atau merekam suatu momen/kejadian yang ia anggap bernilai berita, menambahkan keterangan singkat, kemudian mengunggahnya ke situs web PasangMata.com

Begitu pula untuk mengkonsumsi berita yang dibuat oleh para pewarta. Situs web PasangMata dirancang menyerupai galeri foto yang informatif, bersih dan sederhana sehingga suatu pesan akan dengan mudah bisa dicerna dalam waktu singkat. Perancang PasangMata mungkin adalah penganut paham ‘A picture tells a thousand words‘ atau mereka tahu betul bahwa orang Indonesia tidak terlalu betah membaca.

Untuk lebih memudahkan pembaca mengikuti suatu topik tertentu, PasangMata mengelompokan berita-berita yang dibuat oleh para pewarta warga ke dalam kategori-kategori tertentu. Kategori itu diantaranya: Pemilu2014, TransJakarta, Banjir, LaluLintas, Imlek2014 dan Umum. Ke depan kategori baru mungkin bisa ditambahkan mengikuti trend yang sedang terjadi di masyarakat.

Nah, lebih dari itu semua untuk lebih memudahkan para pewarta warga, PasangMata.com membuat aplikasi PasangMata yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi ini telah saya coba sangat memudahkan untuk memproduksi maupun menikmati berita. Di sini saya akan membahas PasangMata di ponsel Android untuk memudahkan pewarta warga memproduksi berita.

Aplikasi PasangMata bisa didownload langsung dari PlayStore. Ukuran file instalasi yang hanya 0,95 MB mudah diunduh dengan koneksi EDGE sekalipun. Ukuran file sekecil ini dipastikan tidak akan menghabiskan memory aplikasi bila ponsel Android yang digunakan berkemampuan terbatas. Saya memasang PasangMata di Ponsel Android LG Optimus L9.

PasangMata.com for Android

PasangMata.com for Android

PasangMata cukup digegas dijalankan di ponsel entry level saya. Begitu aplikasi berjalan, maka layar ponsel akan diisi dengan foto-foto yang telah dikirimkan oleh pewarta warga yang ditampilkan dalam beberapa kelompok kategori.

Untuk mengirim berita, tekan tanda “+” di bagian bawah layar. Ada pilihan untuk memilih mengirim berita dalam bentuk foto, video dan text. Saya pun memilih foto di dalam galeri foto di ponsel, atau bila saya mau saya bisa langsung memotret peristiwa yang sedang terjadi.

Setelah foto didapatkan, saya memberikan deskripsi untuk foto tersebut dan memilih topik dari drop down menu (lihat screenshot di atas bagian paling kanan).

PasangMata for Android

PasangMata for Android

Bila diskripsi telah dibuat dan kategori telah dipilih, tekan tombol kirim di pojok kanan atas. Kemudian di layar berikutnya saya ditawari pilihan untuk login terlebih dahulu dengan DetikConnect atau mengirim langsung tanpa login. Bila memilih tanpa login, diperlukan mengisikan email dan nomer ponsel.

PasangMata for Android

PasangMata for Android

Berpikir akan kurang praktis bila memasukan email dan nomer ponsel tiap kali akan mengirim berita, saya memilih untuk membuat akun Detik Connect terlebih dahulu. Saya mendaftar menggunakan akun twitter dengan pertimbangan ini merupakan cara tercepat. Benar saja, mendaftar Detik Connect selesai dalam beberapa klik. Setelah berhasil login dengan Detik Connect, apa yang perlu saya lakukan sekali lagi adalah memasukan nomer ponsel dan mencentang persetujuan akan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk layanan PasangMata.

Foto yang terkirim baik melalui aplikasi mobile maupun melalui web tidak otomatis terpasang di situs web PasangMata. Semua konten atau warta yang dikirimkan dimoderasi oleh admin. Tapi tidak perlu khawatir, sepanjang apa yang dikirimkan sesuai dengan aturan, pengalaman saya menunjukan admin akan menyetujui kiriman berita dalam waktu beberapa menit saja.

Merasa senang dengan konsep baru yang diusung oleh PasangMata, tadi pagi saya mengirim warta untuk kedua kalinya. Penasaran akan seperti apa kiriman warta saya, saya pun mengeceknya di situs web. Ternyata kiriman saya pagi tadi menjadi kontribusi tepopuler. Wew…

Hampir kelupaan, ada satu lagi fitur menarik dari PasangMata, yaitu sistem poin. Poin diberikan kepada setiap pewarta warga yang terlebih dulu login dengan Detik Connect tiap kali mengirimkan berita. Poin akan ditambahkan seiring pewarta mengirimkan berita. Poin ini, kelak bila telah terkumpul banyak akan bisa ditukarkan dengan hadiah menarik dari Detik.com.

Mendapati kemudahan, kebaruan dan fitur-fitur menarik dari PasangMata saya meniatkan diri untuk berkontribusi mengirim kabar-kabar terkait dengan Pemilu 2014 dari daerah dimana saya tinggal. Kehadiran PasangMata bagi saya adalah jawaban terhadap kekosongan akan situs web pewarta warga yang mengakomodasi konten politik/pemilu2014 yang pada pemilu 2009 lalu diisi oleh Politikana.

Bagaimana? Bila Anda tertarik dengan jurnalisme warga, baik sebagai pewarta maupun konsumen informasi menurut saya PasangMata adalah channel yang tepat. Jangan ketinggalan, segera pasang aplikasi PasangMata di perangkat Android dan iOS Anda, dan pastikan juga mendaftar di SINI. :)


TAGS pewarta warga pasang mata pasangmata.com aplikasi android


-

Author

Follow Me