Install Ulang Aplikasi Qbaca di Ponsel Baru

8 Feb 2014

Bagi yang belum tahu,Qbaca adalah platform bagi konten dan aplikasi digital interaktif skala mini untuk dapat dikemas dalam bentuk e-Book, dan didistribusikan dalam Qbaca bookstore. Singkatnya Qbaca adalah digital ebook store milik divisi Multimedia PT Telkom Indonesia.

Saya pertama kali meng-install Qbaca pada bulan November tahun 2012, hampir 2 tahun yang lalu, di ponsel Samsung Galaxy Ace Duos. Merasa tertarik dengan platform ebook baru Qbaca, saat itu saya mencoba-coba mengunduh beberapa buku gratis sampai beberapa buku berbayar. Membaca ebook dilayar ponsel saat itu memang sesuatu yang baru. Sayangnya saya tidak bisa menyelesaikan membaca buku-buku digital itu karena ponsel saya keburu hilang.

Sampai beberapa hari yang lalu, saya memasang lagi Qbaca di ponsel LG Optimus L9. Saya mencoba login ke Qbaca dengan akun yang pernah saya buat pertama kali dulu. Login gagal. Kegagalan login ini saya duga karena password yang saya masukkan salah. Saya pun mencoba mengatur ulang password akun Qbaca. Pengaturan password baru berhasil. Namun login dengan password baru belum berhasil. Sampai di sini saya berhenti menggunakan Qbaca lagi.

Beberapa hari kemudian, saya mencoba login ke Qbaca dengan terlebih dulu melakukan lagi reset password. Kali ini reset password dan login berhasil.

Qbaca for Android: Cloud Book shelf and Land Book shelf :D

Qbaca for Android: Cloud Book shelf and Land Book shelf :D

Apa yang saya lakukan pertama kali setelah berhasil login adalah dengan mengecek shelf/rack buku di aplikasi Qbaca. Saya penasaran apakah buku-buku yang pernah saya beli dan pernah saya download dulu bisa di-download lagi tanpa harus membelinya lagi. Ternyata, Qbaca mempunyai Cloud Shelf (atau rak buku di awan). Semua buku yang pernah saya download dan saya beli dengan akun saya semua tertata di cloud shelf. Saya tinggal mengunduh lagi buku-buku yang pernah saya beli yang ingin saya baca. Menariknya adalah ketika saya mulai membuka-buka halaman demi halaman ebook yang pernah saya baca, bookmark-bookmark yang pernah saya buat pun bisa saya temukan lagi. :)

Qbaca for Android: Carrier Billing

Qbaca for Android: Carrier Billing

Nah, beberapa waktu menggunakan Qbaca lagi, ada beberapa hal yang saya temukan berubah. Dulu Qbaca menggunakan tema warna biru, sekarang menggunakan warna merah. Dulu Qbaca masih versi 2, sekarang versi 2.3.9. Namun fitur yang paling menarik dari Qbaca saat ini adalah adanya firur carrier billing. Metoda pembayaran dengan potong pulsa Telkomsel, melengkapi metoda pembayaran yang lebih dulu ada yaitu Telkom IPS. Metoda pembayaran ini bagi saya akan memudahkan semua orang untuk membeli buku tanpa repot.

Bila Anda seorang pembaca buku sekaligus pengguna Android, Qbaca bisa langsung di-install dari SINI.


TAGS qbaca ebook store


-

Author

Follow Me