Review Aplikasi Mandiri Mobile untuk Android

9 Feb 2014

Beberapa waktu lalu saya sudah menuliskan cara mengatasi masalah instalasi aplikasi Mandiri Mobile untuk Android di SINI. Kali ini saya bermaksud berbagi review aplikasi Mandiri Mobile untuk Android. Selayaknya sebuah review, semua yang saya tuliskan di sini bersifat personal, subyektif dan setiap orang termasuk pembaca sekalian bisa saja mempunyai pengalaman dan pendapat berbeda mengenai aplikasi yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri ini.

Untuk review kali ini saya menggunakan ponsel LG Optimus L9 dengan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean dan Rekening tabungan Bank Mandiri yang saya buka di KCP Wonosari.

Dipasang di Optimus L9, aplikasi Mandiri Mobile mempunyai performa yang sangat baik, aplikasi berjalan cepat, tampilan bagus dan tidak ada isu kompatibilitas dengan Jelly Bean maupun perangkat ponsel itu sendiri. Jadi tidak ada alasan tidak memasang Mandiri Mobile di ponsel ini bila yang menjadi keraguan adalah masalah kompatibilitas.

Konektifitas. Operator yang saya gunakan untuk berlangganan internet secara mobile adalah Telkomsel dengan produk kartu HALO. Sepanjang pengalaman saya koneksi ke server Bank Mandiri dengan operator ini baik-baik saja, bahkan ketika sinyal yang saya dapatkan hanya 2G (GPRS/EDGE).

Permasalahan baru saya dapatkan akhir-akhir ini saja meskipun tidak sering. Indikator koneksi di aplikasi Mandiri Mobile tidak segera berwarna hijau, kadang putih, kadang tetap kuning. Padahal setelah saya cek koneksi internet tidak ada masalah. Rupanya masalahnya ada di server Bank Mandiri itu sendiri. Pagi ini, ketika saya sedang menulis review ini, beberapa fitur pendukung Mandiri Mobile tidak berfungsi dengan baik. Fitur pendukung yang tidak berfungsi adalah fitur ATM dan Cabang dan Fitur Kurs dan Suku Bunga. Fitur-fitur utama setelah login berjalan baik sebagaimana mestinya.

Mandiri Mobile App 01

Mandiri Mobile App 01

Begitu Mandiri Mobile dijalankan, kita akan dihadapkan pada login screen seperti gambar di atas di sebelah kiri. Bila kita tidak memilih login, apa yang bisa kita lakukan adalah fitur untuk cek lokasi atm dan kator cabang terdekat, menelpon costumer service 14000, melihat kurs, menu setting dasar dan simulasi transaksi dengan Mandiri Mobile.

Fitur cek lokasi ATM dan Kantor Cabang ini menarik. Aplikasi ini akan mendeteksi lokasi kita berdasarkan info cell dan atau GPS. Kemudian merekomendasikan ATM dan kantor Bank Mandiri terdekat. Fitur kurs dan suku bunga pun akan menampilkan kurs dan suku bunga yang berlaku di Bank Mandiri secara real time. Sayang ketika saya tadi mencoba aplikasi ini, kedua fitur ini sedang tidak berfungsi, sedang ada masalah server.

Bila kita melakukan login dengan klik login dan memasukan password yang kita buat ketika kita selesai memasang aplikasi ini, kita akan menemukan menu transaksi yang cantik. Dengan mengklik ‘rekening’ maka seketika akan muncul seperti yang terlihat di gambar di atas sebelah kanan. Nomer rekening, saldo terakhir dan riwayat transaksi kita dengan rekening ini akan ditampilkan dengan informatif.

Mandiri Mobile App for Android : Menu Tranfer

Mandiri Mobile App for Android : Menu Tranfer

Berikutnya adalah menu tranfer. Mentranfer uang ke sesama rekening mandiri saya pikir tidak masalah. Maka kali ini saya mencoba mentranfer online ke rekening di Bank BCA. BCA sekarang sudah tergabung dalam jaringan ATM Bersama. Untuk mentranfer ke bank lain secara online apa yang perlu kita lakukan adalah memasukan nomer rekening, memilih nama bank, di halaman menu berikutnya yang diperlukan adalah memasukan nominal tranfer. Masukan saja nominal tranfer dan nomer referensi bila perlu. Memilih ‘lanjut’ akan membuat Mandiri Mobile App mengkonfirmasi transaksi tranfer ini dengan meminta pin SMS Banking. Setelah pin SMS Banking diisikan dan menekan tombol ok, maka transaksi tranfer akan segera diproses oleh sistem.

Mandiri Mobile App for Android : Transaksi Pembayaran

Mandiri Mobile App for Android : Transaksi Pembayaran

Melihat tangkapan layar transaksi pembayaran kartu HALO yang saya lakukan di atas sudah mudah dipahami dan cukup jelas. Melakukan pembelian pulsa pra bayar bisa ditemukan di menu ‘beli’ dan bisa dilakukan dengan cara yang sama mudahnya. Pada menu ‘bayar’ ini ada banyak pembayaran yang bisa kita lakukan. Di antaranya adalah GSM, Telepon, Internet, TV berlangganan, Listrik, Kartu Kredit, Pajak, Pinjaman, Biaya kuliah, Tiket dan lain-lain.

Mandiri Mobile App for Android : Isi Uang TCash

Mandiri Mobile App for Android : Isi Uang TCash

Anda tahu TCash? TCash merupakan uang digital produk dari Telkomsel. TCash merupakan layanan uang digital yang cukup populer. Saya menggunakannya untuk melakukan beberapa pembelian online. Secara banyak barang yang bisa saya beli lebih murah dengan promo TCash. Misalnya tiket Java Jazz Festival.

Karena Tcash bisa diisi uang dari jaringan ATM Bersama, maka Bank Mandiri melalui Mandiri Mobile App ini memberikan kemudahan untuk mengisi ulang TCash. Caranya sangat mudah. Saya bisa mengisi ulang TCash dengan mengikuti menu Tranfer Online ke Bank lain dan memilih TCash (TCash ada di daftar bagian paling bawah). Jelasnya silakan lihat tangkapan layar di atas.

Kesimpulan

Mandiri Mobile App for Android bagi saya sangat memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam melakukan banyak transaksi pembayaran. Mulai dari cek saldo, tranfer, pembayaran dan pembelian. Aplikasi ini bisa melakukan hampir semua jenis transaksi yang biasanya kita lakukan di ATM. Tentu saja Mandiri Mobile tidak bisa menggantikan fitur mengambil uang tunai seperti yang bisa dilakukan oleh ATM.

Mandiri Mobile App dengan menu visualnya akan menyelesaikan permasalahan semua orang yang kesulitan menghafalkan syntax bertransaksi dengan SMS Banking. Sekaligus menyelesaikan masalah repotnya membawa Mandiri token saat bepergian bagi orang-orang yang saat ini menggunakan Mandiri e-banking. Semua transaksi dengan Mandiri Mobile cukup menggunakan otentikasi pin Mandiri SMS Banking.

Saran

Karena saya pengguna Mandiri e-Money maka saya menyarankan fitur pengisian Mandiri e-Money di Mandiri Mobile app. Bila tidak terpaksa, saya malas mengisi e-Money saya ke ATM Mandiri. Ingatan saya pun tidak cukup bagus untuk mengingat syntax SMS untuk mengisi e-Money dengan Mandiri SMS Banking.

Untuk pembelian tiket pesawat, saat ini baru mendukung Garuda Indonesia, Riau Air dan Lion Air. Saran saya semoga pembayaran untuk Air Asia dan maskapai lainnya segera ditambahkan dalam waktu dekat.

Untuk mempermudah transaksi online, saya juga menyarankan agar Mandiri Mobile diintegrasikan dengan Mandiri Klikpay. Namun untuk yang terakhir ini agar dipikirkan terlebih dulu isu keamanan transaksinya. Pastikan agar benar-benar aman sebelum fitur ini ditambahkan.


TAGS mandiri mobile app review android


-

Author

Follow Me