Internetan Murah dengan 3 Always ON 8 GB

22 Mar 2014

Merasakan kebutuhan kuota internet saya per bulan semakin banyak, beberapa bulan ini saya memutuskan untuk menggunakan paket internet alternatif. Pilihan paket data alternatif saya jatuh pada Tri (3). Alasannya karena 3 menawarkan paket data yang menurut saya murah dan tanpa persyaratan yang rumit. Alasan berikutnya adalah di tempat tinggal saya tercakup jaringan 3G HSDPA Tri, meski hanya satu atau dua bar saja.

3 Alwas ON 8 GB

3 Alwas ON 8 GB

Beberapa bulan yang lalu, saya telah memutuskan untuk membeli paket perdana Tri AON kuota 5 GB masa aktif 12 bulan dengan harga 40-an ribu. Dalam kemasan kartu perdana itu disebutkan bahwa kuota itu bisa digunakan kapan saja, malam atau siang, jam berapa saja tanpa ada batasan. Bahkan disebut pula untuk mengakses 10 situs seperti Kompas, Detik.com, Toko Bagus, Facebook, Twitter, aneka layanan instant messaging digratiskan. Dalam artian mengakses website dan layanan tersebut tidak akan mengurangi kuota data utama 5GB. Ini murah karena paket data di operator utama saya (Telkomsel) untuk kuota 3GB dikenai tarif Rp 100.000+PPN.

Ketika saya coba gunakan di rumah, jaringan data Tri lumayan bagus. Hasil speedtest bagus dengan stabilitas yang lumayan. Memang sih tidak sebagus Telkomsel karea ketika modem dengan kartu Tri saya bawa ke tempat ramai maka jaringan akan langsung menurun kualitas koneksinya. Namun dengan harga itu kekurang stabilan jaringan masih bisa diterima.

Beberapa hari yang lalu saya membeli kartu perdana Tri untuk yang keempat kalinya. Saya memang memilih membeli kartu perdana baru tiap kali paket data habis karena cara ini lebih irit. Karena harga paket isi ulangTri terbilang mahal hampir menyamai Telkomsel. Untuk kesekian kalinya membeli nomer perdana Tri, harganya selalu naik. Harga nomer perdana dengan paket 5 GB di Wonosari saat ini adalah Rp 46.000,- (sebelumnya Rp 42.000,-)

Sedikit ragu untuk membeli nomer perdana Tri 5 GB yang sudah naik ini, pelayan Melon Cell menawari saya dengan perdana berpaket data 8 GB dengan harga Rp 60.000,-. Dihitung-hitung ini harga yang lebih murah yang akhirnya saya beli.

Sedikit tips irit menggunakan paket internet mobile:

  1. Jangan fanatik terhadap salah satu operator seluler.
  2. Gunakan paket data cadangan dari operator yang berbeda. Ini penting agar kita tidak mati gaya bila salah satu operator sedang gangguan.
  3. Posisi menentukan prestasi. Operator yang bagus di suatu tempat belum tentu bagus di tempat Anda. Lakukan pengujian jaringan dan pilih yang terbaik.
  4. Kerucutkan pilihan operator Anda berdasarkan hasil pengujian kecepatan dan stabilitas jaringan di tempat Anda. Kemudian pelajari harga dan paket data yang ditawarkan. Pilih yang lebih murah yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan Anda berinternet.
  5. Nomer Seluler yang terpasang di ponsel berbeda fungsi dengan nomor ponsel di modem. Apabila digunakan untuk modem, jangan segan untuk berganti nomer baru seperti saya bila dipikir menggunakan nomer baru lebih irit dan efektif
  6. …. (ada yang akan menambahkan?)

Selamat akhir pekan dan bijaksanalah dalam menggunakan internet. :)


TAGS tri indonesia perdana murah paket internet murah tips irit berinternet bijaksana berinternet irit internet


-

Author

Follow Me