Sedikit Tips Aman Berinternet

24 Mar 2014

Saya sendiri tidak yakin dan selalu was-was apakah ancaman keamanan data sepanjang saya beraktivitas online baik ketika menggunakan komputer/pc maupun gadget sudah terantisipasi dengan baik atau belum. Apa yang saat ini saya lakukan masih bersifat sangat mendasar.

Berikut ini adalah apa yang saya lakukan sebagai tindakan preventif untuk memaksimalkan keamanan dan kenyamanan berinternet:

  1. Ketika saya mendapatkan Laptop/PC atau smartphone, saya memastikan sistem operasi yang terpasang selalu ter-update.
  2. Install program-program atau aplikasi sesuai kebutuhan dan pastikan program atau aplikasi tersebut didapatkan dari sumber yang terpercaya.
  3. Install firewall dan pastikan port yang terbuka merupakan port yang benar-benar diperlukan.
  4. Pasang software antivirus yang mempunyai fitur-fitur lengkap, seperti internet protection, online account security manager, anti malware, dan lain-lain.
  5. Ketika sedang browsing, pastikan hanya membuka website-website terpercaya. Anti virus yang baik biasanya akan memberikan notifikasi bila kita akan membuka suatu situs yang tidak aman. Bila mendapatkan peringatan seperti itu, sebaiknya jangan nekad membuka situs yang ditengarai berbahaya.
  6. Jangan mudah mendaftarkan diri kepada layanan-layanan online hanya karena layanan itu gratis. Jangan mudah mengisikan data-data pribadi yang detil. Itu privacy. Mendaftarlah hanya layanan online yang sudah terpercaya. Bila terpaksa mendaftar layanan online baru yang belum teruji kredibilitasnya, isikan dengan data-data yang tidak benar-benar menggambarkan diri.
  7. Jangan mudah membuka link yang diberikan oleh seseorang, apalagi link itu menggunakan URL shortener. Link seperti ini sering saya dapatkan dari pesan yang dikirim dari akun twitter, email atau fb teman-teman saya yang dibajak.
  8. Apabila kita berkomunikasi menggunakan layanan elektronik seperti email, messenger dan sejenisnya, sebaiknya tidak menggubris orang-orang yang tidak benar-benar dikenal. Dengan akun teman pun sebaiknya mengenali gelagat-gelagat yang mungkin mencurigakan.
  9. Apabila online di tempat publik juga harus waspada dengan orang-orang di sekitar, bisa jadi di antara mereka ada yang mencoba mengintip username/akun dan password yang kita masukan ketika login ke suatu layanan online.
  10. Sebaiknya tidak meminjamkan komputer/gadget kepada orang lain. Ini terkesan pelit tetapi demi alasan keamanan. Atau kita bisa membuat guest account yang bisa dipakai oleh peminjam komputer/gadget kita.
  11. Hati-hati bila online terkoneksi dengan public wi-fi. Usahakan mencari koneksi wi-fi yang secure.

Itu saja tips yang saya bagikan kali ini. Silakan ditambahi bila perlu. :)

Norton 360 Multi Device on iPhone 5s

Norton 360 Multi Device on iPhone 5s

Sedikit menambahkan pengalaman pribadi, beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan kiriman CD Norton 360 Multi Device. Software Antivirus dan Security yang berharga sekitar 500 ribu rupiah ini selain bisa dipasang di komputer Windows juga bisa dipasang di perangkat Android dan iOS sampai sebanyak 5 perangkat. Saya pun memasangnya di ponsel iPhone 5s dan Android LG L9.

Setelah mencoba-coba isi CD Norton 360 Multi Device, ternyata apa yang penting di CD adalah kode aktivasi software ini. Master dari software itu sendiri tetap harus dipasang langsung dari internet. Saya pun memasang Norton 360 Multi device dari Appstore dan Play Store setelah sebelumnya saya melakukan registrasi dan aktivasi layanan melalui web.

Di iPhone 5s, nampaknya Norton 360 Multi Device tidak menjalankan service sebagai antivirus. Service yang diberikan hanyalah software security seperti anti theft dan pencarian lokasi bila hilang. Yang mana layanan seperti ini sudah diberikan Apple melalui iCloud.

Di LG L9, Norton 360 Multi Device berjalan seperti selayaknya anti virus dan anti malware. Saya pun mencoba menjalankan virus scanning di pernagkat Android saya ini. Alhamdulillah ketika saya tidak menemukan virus di ponsel Android. Berarti kehati-hatian saya selama ini (dengan tips seperti yang saya tuliskan di atas) cukup efektif. Fitur Antitheft di Android pun juga disediakan oleh Norton, dimana layanan ini cukup setara dengan Android Device Manager.


TAGS tips online aman tips aman berinternet


-

Author

Follow Me