Mudah, Cepat dan Nyaman Mengunduh File di JalanTikus.com

1 Apr 2014

Jalan Tikus

Jalan Tikus

Setidaknya ada dua alasan yang sering dijumpai ketika seorang pengendara kendaraan bermotor mencari jalan tikus. Pertama untuk menghindari ruas-ruas jalan yang semakin sering macet di kota-kota besar. Kedua dan ini juga sering saya lakukan adalah untuk menghindari rasia/operasi lalu lintas.

Di Indonesia, kemacetan dan ketidak lancaran lalu lintas tidak hanya terjadi di jalan-jalan di kota besar. Karena infrastruktur yang belum bagus dan kebutuhan lalu lintas data yang semakin padat setiap harinya, kelancaran akses internet di Indonesia saat ini masih menemui banyak kendala, sering macet. Untuk web browsing saja terkadang kurang lancar, apalagi untuk mengunduh file-file yang berukuran besar. Apalagi bila file server tempat meletakan file yang akan diunduh tersebut berada di luar negeri. Ini lebih masalah karena harga bandwidth internasional yang ditawarkan beberapa Internet Service Provider di Indonesia masih mahal dan dan belum memberikan kecepatan yang bagus.

Masalah sulitnya mengunduh file melalui jaringan internet di Indonesia ini ditangkap oleh JalanTikus.com dengan menyediakan layanan download file secara gratis namun menawarkan kecepatan karena file server Jalan Tikus diletakan di Indonesia. Letak file server di Indonesia secara teknis akan menguntungkan semua pengguna Internet di Indonesia karena: “jarak” antara server dan user pasti lebih dekat, bandwidth yang disediakan oleh ISP kepada pelanggan internet umumnya lebih besar dan akan mengurangi dan mencegah kemacetan traffic internet dari Indonesia ke rute international. Yang terakhir ini tentu akan membantu negara dalam menghemat devisa.

File Server yang terletak di Indonesia tentu menjadi kelebihan utama JalanTikus.com sehingga layanan ini menjadi pilihan banyak orang di Indonesia. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan JalanTikus.com yang menurut saya tidak dipunyai oleh kompetitornya:

Website JalanTikus.com ramah dengan Microsoft Internet Explorer

Untuk menjangkau audience yang lebih luas, website yang bagus harus dirancang agar compatible dengan sebanyak mungkin web browser yang ada. Di sini secara khusus saya menyebutkan Internet Explorer bukan berarti saya seorang Internet Explorer Fanboy. Ada kutipan bagus yang saya suka, “The purpose of Internet Explorer is to download Firefox and Google Chrome”. Sebuah quote yang sangat saya.

Jalan Tikus on Internet Explorer

Jalan Tikus on Internet Explorer

Di kantor dimana saya bekerja, saya sering kali dimintai bantuan oleh teman-teman saya untuk meng-install Windows di komputer baru atau meng-install ulang komputer mereka yang rusak. Apa yang pertama kali saya lakukan begitu proses meng-install sistem operasi Windows adalah: menjalankan web browser Internet Explorer dan mengarahkannya ke http://jalantikus.com, mengunduh Firefox dan atau Google Chrome, mengunduh Internet Download Manager, mengunduh Driver Pack, dan mengunduh software-software lain yang mungkin dibutuhkan.

Tidak Perlu Daftar atau Login untuk Mengunduh File

Mendaftar atau Login terlebih dahulu ke dalam suatu website hanya untuk bisa mengunduh file merupakan syarat yang menyebalkan, tidak praktis. Bayangkan ketika kita sedang tergesa-gesa ingin mengunduh suatu file, alih-alih kita menghabiskan waktu 5 - 10 menit untuk menyelesaikan proses registrasi layanan. Atau bisa jadi kita pernah mendaftar suatu layanan download namun karena buru-buru kita jadi kelupaan password, mengatur ulang password bisa menghabiskan waktu sampai 5 menit. Katakanlah dengan koneksi Speedy 3 MB, sudah akan berapa banyak file yang bisa kita download dalam waktu 5 sampai 10 menit.

Menurut saya ada satu kelemahan lagi ketika kita terlalu banyak meregistrasikan diri ke suatu layanan, yaitu data-data registrasi kita bisa berpotensi disalah gunakan.

Tersedia Ribuan File untuk diunduh

File server JalanTikus.com menampung ribuan file program dalam berbagai kategori. Dari kategori game, utility sampai productivity dan baik yang berjalan di sistem operasi Windows maupun di sistem operasi Android. Mendownload semua jenis file di satu tempat jauh lebih praktis dan mudah daripada mendownload tiap satu file program di tempat yang berbeda-beda. Sudah terbayang repotnya bila mengunduh file Open Office di: http://www.OpenOffice.org, mengunduh Google Chrome browser di: http://www.google.com/chrome/, mengunduh AVG Antivirus di: http://free.avg.com dan lain-lain.

Tersedianya file apk untuk Android di JalanTikus.com mungkin tidak banyak bermanfaat bagi orang lain karena mereka para pengguna Android pada umumnya bisa memasang aplikasi Android dari Play Store. Tapi bagi saya dan orang-orang yang mempunyai device yang tidak mempunyai access ke Play Store, layanan file dowload yang menyediakan file-file apk sangat dibutuhkan. Saya sendiri lebih suka mengunduh file-file apk untuk di-install (side loaded) di perangkat Blackberry OS 10 (Blackberry Z10, Blackberry Z30). Saya kira pengguna Nokia Android (Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL) pun akan sangat diuntungkan dengan ketersediaan file aplikasi untuk OS Android di JalanTikus.com karena Nokia Android dirancang oleh Nokia untuk tidak mempunyai akses ke Google Play Store.

Bebas dari virus, malware, file ilegal dan file tidak aman lainnya

Bagi saya tiap kali ingin mengunduh suatu file dari internet akan muncul pertanyaan-pertanyaan: Apakah file-file yang akan saya download tidak mengandung virus, malware dan adware? Apakah situs download dimana akan mengunduh suatu file tidak akan melakukan phising/pencurian terhadap data-data pribadi dan data-data di komputer saya? Apakah situs dimana saya mengunduh file itu benar-benar berhak mendistribusikan file di internet? Apakah file yang ditawarkan untuk diunduh secara gratis oleh suatu layanan situs download itu legal (bukan bajakan) sehingga di belakang hari saya tidak terkena masalah karena salah menggunakan hak pakai suatu file program.

Sebelum diletakan di rak download gratis di JalanTikus.com suatu file program melewati mata rantai pemeriksaan. Mata rantai pemeriksaan itu diantaranya adalah memastikan bahwa file program itu bisa digunakan secara gratis oleh pengguna dan memastikan bahwa file tersebut tidak mengandung virus, malware dan adware yang berpotensi membahayakan pengguna.

Web dan User Interface yang instuitif

Saya sering sudah tahu betul file apa yang ingin saya unduh sebelum membuka website JalanTikus. Jadi saya tinggal mengetikan nama file atau bagian nama file yang ingin saya unduh di kotak pencarian di website JalanTikus. Oleh JalanTikus, kotak pencarian itu dipampang secara sangat jelas di bagian kanan atas website. Saya kira semua orang yang membuka situs JalanTikus akan langsung mengenali kotak pencarian berwarna putih ini.

Kotak Pencarian JalanTikus.com

Kotak Pencarian JalanTikus.com

Bila sudah mendapatkan file-file yang saya inginkan, biasanya saya tidak tahan untuk tidak melihat-lihat file-file favorit pengguna yang masuk Top 10 Download baik untuk Windows maupun untuk Android. Tidak jarang apa yang ditampilkan oleh Top 10 Download ini mendorong saya untuk mencoba-coba mengunduh dan menggunakan suatu program yang baru populer.

JalanTikus.com Top 10 Download

JalanTikus.com Top 10 Download

Seksi Download Terbaru merupakan bagian situs yang selalu menarik perhatian tech blogger seperti saya. Program-Program terbaru dari berbagai vendor software tersedia di situ. Software-software yang masih berlabel beta yang sedang diuji coba oleh pengguna-pengguna berpengalaman pun fitur-fitur barunya bisa leluasa dicoba. Tentunya resiko ditanggung penumpang bila ingin menggunakan software-software versi beda ini.

Download Terbaru JalanTikus.com

Download Terbaru JalanTikus.com

Berbicara tentang User Interface yang instuitif bagi saya sulit dipisahkan dengan mekanisme untuk memberikan penilaian terhadap suatu file program/software. Penilaian kebaikan dan popularitas suatu file program ini lebih dikenal sebagai User Rating. Seberapa populer suatu software bisa dengan mudah dilihat dari berapa banyak software itu diunduh dan kita bisa mempertimbangkan menggunakan suatu software dengan melihat berapa banyak pengguna yang memberikan rating positif (lebih banyak bintang).

Saya senang menggunakan Instagram di akun http://instagram.com/jarwadi di iPhone 5s dan Android. Saya pun ingin aktif di akun instagram saya melalui PC/Laptop dengan bantuan suatu aplikasi. Namun akhirnya urung menggunakan Pixsta for Windows karena belum ada yang memberikan rating untuk Pixsta.

Lain halnya ketika saya ingin mencoba alternatif berkomunikasi dengan ooVoo. Rating 4 bintang yang diberikan oleh pengguna menghapuskan keraguan saya untuk menggunakan sofware ini.

User Rating Jalan Tikusti

User Rating Jalan Tikus

Knowledge Base

Saya mempunyai kebiasaan menempatkan semua file yang ingin saya download sekaligus ke dalam software download manager. Saya tidak takut proses pengunduhan saya terhenti di tengah jalan. JalanTikus.com telah mengembangkan download manager sendiri yang disebut Jalan Tikus Download Manager yang mempunyai kemampuan untuk resume proses download bilamana pengunduhan itu terpaksa terinterupsi oleh masalah jaringan atau sebab lain.

Dengan menyerahkan semua file yang ingin saya unduh kepada Jalan Tikus Download Manager, saya bisa menggunakan waktu saya lebih efisien. Sambil menunggu proses download selesai, saya bisa menjelajahi knowledge base yang terdapat di tempat yang sama. Jalantikus.com tahu betul bahwa dunia komputer, gadget dan teknologi merupakan salah satu bidang di dunia yang perkembangannya paling cepat. Jalantikus.com menyediakan dan mengelola suatu basis pengetahuan/knowledge base yang berupa tips-tips yang relevan yang berguna dengan ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti sekaligus memberikan ruang kepada komunitas dan pengguna untuk berkontribusi berbagi pengetahuan dengan dibuatnya kanal Diskus.

Tips Terbaru dan Terpopuler di Jalan Tikus

Tips Terbaru dan Terpopuler di Jalan Tikus

Jalantikus.com Download Game PC dan Android Gratis Terbaru dengan server lokal


TAGS


-

Author

Follow Me