Batere Smartphone Paling Awet?

12 Apr 2014

Perkembangan teknologi smartphone saat ini telah sampai pada taraf mencengangkan. Resolusi layar sudah menyamai kebanyakan teknologi TV display HD sekalipun. RAM dan processor smartphone yang saya gunakan saat ini sudah mengungguli komputer editing video yang saya gunakan pada tahun 2005. Kamera yang ada pada kebanyakan smartphone saat ini sudah lebih baik dari camdig pertama saya yaitu Nikon Coolpix 3200. Begitu pun dengan fitur-fitur lainnya. Semua berkembang pesat melampai ekspektasi saya, kecuali satu hal yaitu teknologi batere.

Berbicara tentang teknologi batere, semua pengguna smartphone saya kira akan sepakat bahwa yang terbaik adalah yang paling awet menopang sebuah smartphone bekerja. Apa menariknya dengan sebuah smartphone berdisplay IPS HD, ber-quad core processor, 64 GB internal storage, UI cantik menawan hati bila pada jam makan siang saja memaksa kita mencari colokan listrik di tembok atau memaksa saya kemana-mana membawa power bank. Andai saya punya smartphone yang bisa aktif saya gunakan sewaktu-waktu dan baterenya awet bertahan jauh dengan colokan listrik dan power bank sampai 3 hari. hihi.

Sebelum smartphone yang saya mimpikan itu ada di dunia dengan harga terjangkau sehingga saya mampu mengadopsinya, berikut ini adalah beberapa smartphone dengan batere paling awet.

LG G2

Si ponsel pintar pembawa bendera Korea besutan LG ini membenamkan batere berkapasitas 3000 mA untuk menopang tenaga chipset Snapdragon terbarunya. Dengan LAPTOP Battery Test, yaitu simulasi untuk web browsing secara terus menerus G2 berhasil mencatatkan waktu: 13 jam lebih 44 menit.

LG G2

LG G2

Bila hanya digunakan untuk browsing-browsing mengisi akhir pekan saya, LG G2 sanggup saya gunakan dari selesai shalat Subuh sampai adzan Isya’ berkumandang.

Nokia Lumia 1520

Tidak aneh bila di dalam phablet 6″ ini Nokia leluasa menanamkan batere dengan kapasitas besar. Phablet berlayar 6″ HD bertenaga snapdragon 800 yang dipercanggih dengan Kamera 20MP ini sanggup bertahan sampai 11 jam lebih 28 menit. Pengujian ini sama-sama melakukan simulasi web browsing non stop dengan aplikasi LAPTOP Battery Test.

Nokia Lumia 1520

Nokia Lumia 1520

Galaxy Note 3

Peringat ke-3 di jajaran smartphone berbatere awet masih diduduki oleh Phablet. Ini adalah Samsung Galaxy Note 3 yang memang merupakan jajaran flagship Samsung, sesama Korea Selatan dengan LG G2. Phablet berukuran layar 5,7″ ini mampu bertahan 11 jam lebih 15 menit. Hanya selisih menit dengan Lumia 1520

Samsung Galaxy Note 3

Samsung Galaxy Note 3

Lenovo P780

Untuk yang terakhir saya memasukan Lenovo P780. Smartphone ini menanamkan batere berkapasitas 4.000 mA. Sependek punya saya tahu, ini merupakan batere berkapasitas terbesar yang pernah dipasang di dalam sebuah smartphone. Saya sengaja memasang di urutan terakhir bukan berarti ponsel pintar ini kalah awet dibanding ponsel yang saya sebut lebih dulu. Namun karena saya belum pernah menggunakan dan belum mendapatkan referensi Batere Test yang terpercaya.

Lenovo P 780

Lenovo P 780

Dengan baterenya yang besar yaitu 4.000 mA, P780 tidak mengusung spek tertinggi yang ada saat ini. Misalnya hanya menggunakan resolusi layar 720 X 1280 pixel dalam layar 5″, processor MediaTex Quad Core A7 1,2 GHz dan lain-lain. Tak heran Lenovo menantang talktime 2 G sampai satu setengan hari dan non stop selama 25 jam di jaringan 3G.


TAGS perbandingan batere smartphone smartphone batere awet


-

Author

Follow Me