Xenon Flash dan Phone Camera

2 May 2014

Masih berbicara tentang memotret dengan kamera ponsel. Ponsel pertama saya yang mempunyai kualitas foto memuaskan pada jamannya adalah Cyber shoot K810i. Sebuah fitur phone dari pabrikan Sony Ericsson. Tidak begitu besar sensor kamera yang dibenamkan oleh Sony Ericsson, hanya 3.2 MP. Yang menurut saya membuat hasil potretnya bisa bagus adalah Xenon Flash dan kualitas sensor yang digunakan. (saya kira) Karena sampai sekarang Sony masih tetap dikenal sebagai pembuat sensor kamera terbaik yang banyak digunakan oleh brand terkenal lain seperti Apple, Nikon, dan lain-lain.

Dalam pencahayaan minim, sependek pengalaman saya, Xenon Flash terbukti mampu memberikan penerangan yang bagus terhadap suatu obyek foto. Namun entah mengapa setelah Cybershoot K810i saya tidak menemukan sebuah camera phone/smartphone yang dilengkapi dengan Xenon Flash. Kebanyakan pabrikan entah kenapa lebih suka membekali kamera yang difiturkannya dengan LED Flash. Sony Ericsson dan Sony Xperia sendiri saat ini memilih LED Flash sebagai sarana penerang obyek dalam cahaya remang-gelap. Apple pada iPhone 5s memilih menggunakan Dual Tone LED Flash yang bagi saya hasilnya masih kalah memuaskan dibandingkan Xenon Flash.

bc4448f1dbf6c17f95d67f340e10fa83_sonyericsson-k810-00

Baru-baru ini saja, ketika membaca-baca di Gsmarena saya menemukan sebuah ponsel pabrikan Samsung yang dipasangi Xenon Flash, yaitu Samsung Galaxy K zoom. Lebih mengulik Gsmarena lagi, ternyata Galaxy K zoom yang baru akan diluncurkan ini bukanlah smartphone Android buatan Samsung yang menggunakan Xenon Flash. Sebelumnya Samsung telah merilis Samsung Galaxy S4 Zoom. Alih-alih K Zoom merupakan penerus dari S4 zoom yang akan disebut pula sebagai Samsung Galaxy S5 Zoom.

Karena saya sendiri baru tahu keberadaan smartphone berkamera ber-Xenon Flash ini dari membaca-baca, saya pun belum pernah tahu sebagus apa kualitas foto dari camera phone ini. Spesifikasi Kamera pada Samsung Galaxy K Zoom adalah: Sensor: 20.7 MP, Sensor Size: 1/2.3″, Auto focus/Manual Focus, Optical Focus, Optical Zoom 10x, Xenon Flash, HDR, Panorama, Geo Tagging, Touch Focus, Face and Smile Detection. Belum saya ketahui berapa ukuran aperture/bukaan-nya.

b9304d07b155c772a6edc06e0e99f40e_samsung-galaxy-k-zoom-2

Di atas kertas memang spesifikasi ini akan menawarkan hasil foto yang maksimal melebihi banyak smartphone high end lainnya. Bahkan Optical Zoom sebesar 10x nya akan sulit ditandingi bahkan oleh Lumia 1020 atau pun Nokia Asha.

Bagaimana apakah Anda malah ada yang sudah pernah menggunakan Samsung Galaxy S4 Zoom yang saya kira bisa memberi gambaran untuk memprediksikan kualitas dari Galaxy K Zoom? :)


TAGS samsung galaxy K zoom Samsung Galaxy S4 Zoom Xenon Flash


-

Author

Follow Me