Trend Gaya Hidup Sehat dan Smartphone

3 May 2014

Heart Rate Monitor on Samsung Galaxy S5

Heart Rate Monitor on Samsung Galaxy S5

Angka 83 bpm yang tertera di layar ponsel di atas adalah angka detak jantung saya. Tidak perlu alat khusus dan cara yang rumit untuk bisa mengetahui berapa detak jantung seseorang. Dengan smartphone Samsung Galaxy S5, untuk mengetahui angka detak jantung, seseorang tinggal menjalankan aplikasi Heart Rate Monitor, kemudian menempelkan ujung jari telunjuk ke sensor detak jantung yang terletak di bagian belakang ponsel ini. Setelah Galaxy S5 selesai mengukur detak jantung dalam beberapa saat, ponsel ini akan menampilkan angka yang merupakan hasil dari pengukuran ini. Dan akan memberitahukan rentang angka (range) detak jantung manusia yang dianggap tergolong sehat.

Saya tidak tahu apakah hasil pengukuran detak jantung di Samsung Galaxy S5 ini akurat apa tidak, tetapi apa yang segera muncul di kepala saya adalah: aplikasi berguna bagi manusia kebanyakan seperti apa yang bisa dibuat dengan memanfaatkan fitur heart rate sensor ini. Apa yang bisa dilakukan hanya dengan mengetahui “bit per minute” berapa detak jantung dalam satu menit seseorang. Saya tidak tahu apakah amplitude detak jantung, deviasi frekuensi detak jantung dalam rentang waktu tertentu ada artinya in term of healthy heart? :)

Mengenai cara mengukur detak jantung dengan menempelkan ujung jari telunjuk ke sensor bagi saya merupakan cara baru. Saya belum bisa mengatakan apakah saya suka apa tidak dengan cara yang diperkenalkan Samsung ini. Apakah dengan cara seperti ini orang-orang akan benar-benar suka dan merasa nyaman menggunakan cara ini untuk suatu tujuan tertentu. Misalnya untuk memeriksa kesehatan diri secara mandiri secara berkala.

Sependek yang saya tahu, Samsung merupakan pabrikan smartphone pertama yang menfiturkan heart rate sensor dan heart rate monitor apps.

Alih-alih membicarakan rumor-rumor terkait health life style on smartphone, di Google+ pada pagi ini saya menemukan rumor bahwa Apple pun saat ini sedang mempersiapkan heart rate sensor yang akan disematkan di produk-produk smartphone dan mobile device besutannya. Oh iya, rumor barunya adalah heart rate sensor itu. Kalau Apple akan membawa healthy life style sih rumor lama yang barangkali basi. :)

493c8cf7971cca5640012d4a0e9fc88c_apple-new-earpods

Dari apa yang saya baca-baca pagi ini, sebagai senjata untuk healthy life style yang dibawanya, apa yang dipersiapkan Apple dirumorkan adalah heart rate sensor (seperti halnya yang ada pada Galaxy S5) dan blood pressure sensor.

Dari segi sensor yang membuatnya berbeda dengan cara Samsung adalah bahwa sensor-sensor ini tidak diletakan pada body ponsel, melainkan ditaruh pada earbuds. Jadi bila untuk mengukur detak jantung dengan Galaxy S5 kita perlu menempel ujung jari ke heart rate sensor yang terletak di badan belakang ponsel, dengan cara Apple seseorang cukup mengenakan Apple earphone/earbuds saja.

Apa yang menjadi perbedaan lain adalah dengan cara Samsung, untuk menikmati fitur healthy life style ini seseorang harus menggunakan smartphone baru/harus upgrade device ke Galaxy S5, dengan Apple semua pemilik iPhone 5 dan iPhone 5s apa yang perlu dilakukan dirumorkan cukup dengan membeli earphone/earbuds baru tersebut. Barangkali sih juga perlu melakukan upgrade iOS dan memasang Applikasi tertentu.

Sepintas cara yang dilakukan Apple lebih cerdik dibanding cara yang digunakan oleh Samsung, namun cara mana yang benar-benar bisa diterima oleh manusia, ya entahlah.

Rumored Apple New Earbuds Design

Rumored Apple New Earbuds Design

Corat-coret di atas adalah rumos desain baru Apple earbuds yang tidak hanya dilengkapi dengan Sensor Detak Jantung dan Sensor Tekanan Darah, earbuds ini juga dilengkapi dengan Noice Cancellation yang lebih baik sebagaimana di atas digambarkan ada beberapa penambahan microphone. Masih menurut rumor-rumor ini, earbuds yang baru ini tidak akan dicolokan ke konektor 3.5 mm sebagaimana biasa umumnya sebuah headset/ear phone, melainkan menggunakan lightning port. Penggunaan lightning port ini kok saya tangkap sebagai pertanda bila earbuds ini benar-benar ada dijual di pasaran maka akan dibantrol dengan harga yang mahal. Lihat harga lightning to USB saja harganya hampir 500 ribu rupiah. :)

Sumber rumor saya peroleh di SINI.


TAGS smartphone healthy life style on smartphone Apple earbuds headset heart rate sensor blood preassure sensor


-

Author

Follow Me