Quranesia, Qur’an Mobile Untuk Orang Indonesia

9 May 2014

Quranesia on iPhone 5s

Quranesia on iPhone 5s

Mumpung sekarang hari Jumat dan mumpung sekarang masih beberapa puluh hari menjelang bulan Ramadhan, kali saya ingin berbagi tentang Aplikasi Al Qur’an untuk smartphone yang baru saya saja install.

Al Qur’an untuk ponsel sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi. Al Qur’an mobile sudah ad a sejak lama. Saya sendiri sudah memasang aplikasi Al Quran di ponsel Java saya dulu, yaitu Sony Ericsson K 810i.

Aplikasi Al Qur’an sejak dulu ada yang berbayar, ada yang gratis dan ada yang gratis tetapi dipasangi iklan-iklan. Saya dari dulu memasang aplikasi Al Qur’an yang gratis saja. Gratis dalam arti sebenarnya, dalam arti memang digratiskan oleh pengembangnya. Bukan gratis karena di-crack. Pikir saya menggunakan Al Qur’an atau memasang saja aplikasi Quran bajakan (crack-crack-an) sudah melenceng dari niat untuk beribadah itu sendiri.

Sedikit kekurang nyamanan dari beberapa aplikasi Al Qur’an gratis yang pernah saya pasang adalah: tampilan/bentuk huruf dan tampilan ayat-ayat Al Qur’an pada aplikasi mobile itu berbeda dengan apa yang saya lihat sehari-hari pada Mushaf Al Qur’an cetak. Ini tidak jarang menjadi masalah kesulitan membaca bagi saya. Kenapa? Karena saya memang belum fasih membaca Qur’an. Maklum pada jaman usia anak-anak, saya bukan termasuk anak sholeh yang rajin mengaji.

Adalah Quranesia, aplikasi Al Quran mobile yang dikembangkan oleh Mas Didats Triyadi, seorang developer aplikasi mobile senior di Indonesia yang menawarkan jawaban terhadap keinginan saya akan sebuah aplikasi Quran mobile yang gratis digunakan selamanya dan bebas iklan, dan yang terpenting mempunyai tampilan/penulisan surat dan ayat yang persis sama dengan Quran versi cetak yang saya gunakan untuk mengaji sehari-hari (koreksi: bila saya tidak sedang khilaf dan sedang rajin).

Selain itu Quranesia menerapkan pemberian dan pengaturan halaman yang sama plek dengan Quran cetak. Jadi misalnya saya membuka Surat Al Fatihah ayat pertama ada di halaman satu Quranesia, maka dipastikan di halaman Quran cetak pun Fatihah ayat 1 akan ada di halaman pertama. Itu pasti ya? hehe. Misal Surat Maryam ayat 4 ada di halaman sekian puluh di Quranesia, maka di Quran cetak pun dipastikan akan ada di halaman sekian puluh yang sama.

Apa yang saya tuliskan di atas menurut saya adalah kelebihan utama Quranesia dibandingkan dengan aplikasi Al Quran mobile yang pernah saya gunakan. Fitur-fitur lain seperti bookmark/marwah bacaan, tampilan ayat al quran dan terjemah, daftar isi berdasar surat ayat dan juz, rekaman audio bacaan ayat Quran saya kira juga telah ada di aplikasi Quran mobile yang lain. Begitu juga dengan fitur share: ayat ke jejaring sosial.

Penasaran seperti apa tampilan Quranesia. Lihat beberapa berikut dan lihat juga di halaman Google+ saya. :)

Quranesia yang oleh Mas Didat dioptimasi untuk iPhone 5s ini berjalan lancar ketika saya pasang di iPhone 5s dan bagi pengguna iOS silakan mengunduh aplikasi ini dan menjadikannya sebagai sarana beramal. Makin banyak yang menggunakan saya kira sedikit banyak akan berdampak bagi keshalihan umat. Dan semoga semakin banyak yang menggunakan, amal kebaikan akan semakin mengalir kepada pengembangnya, yaitu Mas Didat. :)

Screen shoot lebih banyak bisa dilihat di Album Google+ saya di:https://plus.google.com/photos/+JarwadiMJ/albums/6011242966540355441


TAGS quranesia iPhone app al quran untuk orang indonesia


-

Author

Follow Me