Posting Blog Tidak SEO Friendly. Inikah Sebabnya?

11 Mar 2016

Kali ini saya ingin membahas kenapa salah satu tulisan (posting) saya di blog sebelah, di http://jarwadi.me, tidak SEO Friendly. Saya membahasnya di sini, di blog yang bahkan lebih tidak SEO friendly, hihi. 

Posting yang saya maksud adalah tulisan yang berjudul: Shalat Gerhana Matahari di Gunungkidul.

Bagaimana saya tahu kalau tulisan ini tidak SEO Friendly? Begini. Biasanya setelah beberapa menit memposting sebuah tulisan di blog, maka bila sempat saya akan mencoba mengetik judul tulisan yang saya buat di kotak pencarian Google. Begitu pun setelah saya memposting tulisan tersebut. Saya sedang selo (dan memang berharap tulisan saya tersebut mendapat kunjungan dari Google) sehingga saya mengetikkan di mesin pencari.

Hasilnya? Nihil. Judulnya saja sama sekali tidak di-index oleh Google. Bahkan saya tidak menemukannya sampai saya menelisik halaman ke sekian dari Google. Frustasi, kemudian saya mencoba mengkopas link/url posting blog terebut ke kotak pencarian Google. Nah, kalau dengan cara ini, google baru bisa mengenali link dari posting tersebut.

Saya tidak tahu apakah kasus seperti ini juga terjadi di tulisan blog saya yang lain. Saya tidak selalu melakukan pengecekan seperti ini. Mengingat tujuan saya menulis blog tidak selalu agar dibaca orang melalui referensi Google. Tetapi, umumnya setiap posting yang saya buat di blog sebelah, minimal judulnya selalu di-index oleh Google dengan baik dan biasanya bila diketik persis dengan judulnya akan berada di halaman utama pencarian Google.

Posting ini menurut saya, seharusnya mendapat peringkat yang baik karena banyak di-reshare orang di facebook, google plus dan bahwan di tweet akun besar seperti @jogjaupdate dan disana pun mendapatkan banyak retweet. Trafik dari referal social media pun relatif tinggi dibanding tulisan dan posting saya yang lain.

Ini membuat saya bertanya-tanya dan berusaha mencari tahu apa penyebabnya. Syukur-syukur kalau diketahui penyebabnya, saya bisa menemukan solusinya. Minimal kelak saya tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Kecurigaan pertama: Sebagian besar isi tulisan dalam posting tersebut saya copas dari broadcast di grup Whatsapp.

Mungkinkah ada orang lain yang telah memposting isi broadcast whatsapp tersebut di web? Saya pun mengecek dengan menkopas sebagian isi broadcast ke kotak pencarian Google. Hasilnya nihil. Tidak saya temukan isi broadcast tersebut telah diposting orang lain ke web.

Kecurigaan kedua: Saya menggunakan gambar yang saya ambil dari wikipedia

Mungkin secara SEO ini adalah kesahalan. Meski saya dengan menyebutkan darimana gambar tersebut bersumber telah saya beri kredit. Saya pun mencoba memperbaikinya dengan mengganti gambar tersebut dengan gambar lain yang dari web berbeda. Saya menunggu beberapa jam. Hasilnya sama. Tulisan saya belum “dianggap baik” oleh Google. Tidak sampai di situ saja, kemudian saya mengganti foto tersebut dengan foto yang saya potret sendiri.

Langkah ketika yang saya lakukan kemarin adalah dengan me-reshare posting tersebut di blog-blog saya yang lain seperti di wordpress dan di tumblr. Beberapa jam kemudian belum ada hasilnya. 

Sampai tadi malam saya cek, ternyata tulisan tersebut sudah dikenali Google dengan baik. 

Saya tidak tahu apa yang membuat tulisan saya lebih baik di mata Google kemudian. Apakah karena gambarnya sudah saya ganti, atau apakah saya melakukan reshare di blog saya yang lain, atau saya menambah share di pinterest dan sosial media saya yang lain.

Ke depan mungkin saya harus berhati hati dalam menggunakan gambar yang bersumber dari website lain.

link ke blog: http://jarwadi.me

 


TAGS artikel seo friendly artikel tidak diindek google


-

Author

Follow Me